Upgrade Macbook Pro Early 2011

Sekitar 2 minggu yang lalu, saya dipercayakan oleh teman saya untuk meng-upgrade Macbook Pro versi Early 2011 miliknya. Pada awalnya terdapat pemikiran untuk membeli Macbook yang baru, namun ketika saya melihat spesifikasi MBP miliknya, saya anjurkan untuk melakukan upgrade saja.

Processor Intel i7 2.2 GHz (2720QM)

Seperti biasa saya akan melakukan pengecekan score prosesor terlebih dahulu untuk membandingkan, kebetulan teman saya ini seorang professional architect, kadang dibutuhkan proses rendering dalam pekerjaannya.

Score processor i7 2720QM adalah 6146, ini dahsyat banget. Dibandingkan dengan processor yang saya gunakan adalah 3089, 2x lipatnya. Anehnya adalah dari dia beli Macbook ditambah menggunakan Parallel Desktop, segala proses Macbook nya sangat lambat menurut dia.

Spesifikasi Lain

Selain prosesor yang dahsyat, MBP nya memiliki memory 8GB (2x4GB) DDR3 dan HDD 750GB, resolusi display 1440×900 dengan ukuran 15″.

Sudah menggunakan El-Capitan dan untuk Parallel Desktop menggunakan Windows 7 32bit Home Edition.

Proses Upgrade

Setelah saya lihat, bootle neck sebenarnya adalah HDD dan pengaturan memory untuk Parallel Desktop.

Pada akhirnya kita putuskan untuk melakukan upgrade:

  1. Memory dari 8GB di-upgrade menjadi 16GB
  2. HDD 750GB di-upgrade menjadi 512GB SSD
  3. Windows 7 – 32 bit di-upgrade menjadi Windows 8.1 – 64bit

Proses diawali dari melakukan backup terlebih dahulu, saya melakukan clonning dengan menggunakan TimeMachine. Partisi bootcamp untuk Windows saya hilangkan dan membuat partisi bootcamp yang baru dan melakukan installasi Windows 8.1 – 64bit.

Sewaktu saya ingin meng-upgrade dari Windows 8.1 64bit ke Windows 10, artikel/informasi dari apple menyatakan MBP tidak mendukung, maksudnya adalah driver-driver nya tidak ada, namun jika kita menggunakan Parallel Desktop bukan Boot camp seharusnya semua lancar.

Akhirnya booting time yang tadinya 1 menit lebih menjadi 20-30 detik. Dan segala proses di dalamnya menjadi jauh lebih lancar dan menjadi efektif untuk berproduksi kembali.

Catatan

Kita dapat lakukan setting Parallel Desktop dari partisi Bootcamp, namun sayang berbeda dengan segala aktivasi yang ada.

Saya pertama kali melakukan installasi Windows 8.1 SL 64bit dan sudah melakukan aktivasi, namun ketika dibuka dengan Parallel Desktop status aktivasi nya adalah belum teraktivasi. Jika seperti ini, bisa menghubungi Microsoft untuk melakukan aktivasi melalui telepon.

murmur

About murmur

Delphi, C#.NET Developer yang secara profesional sudah menangani beberapa client semenjak tahun 2002.

No Comments

Leave a Comment